Ada apa di balik Zionis?

Berbicara tentang Zionisme tak pernah lepas dari bahasan soal  Yahudi dan Modernitas; Zionisme dan Kosmopolitanisme; dan Yahudi Orthodoks dan Zionisme. berikut ini Kultwit akhmad sahal@sahal_AS tentang Yahudi dan modernitas
1.Berikut serial kultwit saya ttg sejarah Zionisme, keragaman sikap Yahudi thdnya, dan keragaman aliran di dlm Zionisme. #zionisme1
2. Tiga subtema akan saya bahas: a. Yahudi dan Modernitas b. Zionisme dan Kosmopolitanisme c. Yahudi Orthodoks dan Zionisme #zionisme1
3. Kenapa mulai dgn tema modernitas? Krn kelahiran Zionisme tak bisa lepas dari pergulatan yahudi dgn modernitas di Eropa. #zionisme1
4. Di Abad Tengah, Yahudi dibenci krn agama: dianggap sbg penyebab penyaliban Yesus. Dikutuk Tuhan jadi pengembara tanpa rumah #zionisme1
5. Yahudi dianggap sbg parasit, dibatasi aksesnya ke segala bidang (kecuali di ghettonya). Jadi target pengusiran di mana2. #zionisme1
6. Meski hidup terpencar2, Yahudi jaga ingatan kolektif sbg bangsa Taurat, dan utopia penebusan via Messiah di Yerusalem. #zionisme1
7. Lahirnya modernitas jd titik balik buat Yahudi, terutama stlh Eropa bonyok krn perang 30 thn Katholik-Protestan di abad 17 #zionisme1
8. Stlh perang muncul kedaulatan2 yg terpusat dgn teritori tertentu, lepas dari ikatan Geraja. Cikal bakal negara modern. #zionisme1
9.Penguasa baru perlu biaya bangun birokrasi dan proyek merkantilisme. Tapi Eropa bangkrut. Direkrutlah yahudi kaya ke istana.#zionisme1
10. “ Yahudi istana” awal masy Kristen Eropa melonggarkan Yahudi, meski terbatas. Motifnya kegunaan (utility), bukan theology. #zionisme1
11. Pd 1782 penguasa Habsburg keluarkan Edict of Tolerance. Yahudi bisa sekolah umum dan berkarir, tp hrs loyal pd negara #zionisme1
12. Revlsi Prncs janjikan emansipasi total ke Yahudi. Liberte, egalite, fraternite prinsip universal trmsk utk Yahudi.#zionisme1
13. Napoleon tawarkan ke Yahudi hak2 hkum dan politk setara, asal lepas identitas keyahudian diganti identitas warga negara. #zionisme1
14. Pd 1806 Napoleon usul Yahudi gelar Sanhedrin (muktamar) utk bahas isu2 spt poligami, nikah beda agama, setia tanah air. #zionisme1
15.Sanhedrin di Paris tegaskan Yahudi mesti loyal pada tanah airnya di Eropa. Judaisme mesti kompatibel dgn nilai2 Pencerahan. #zionisme1
16. Mayoritas Yahudi antusias dgn tawaran Napoleon. Anggap “liberty, egalite, freternite,” sbg hukum Sinai kedua. #zionisme1
17. Di Jerman, Haskalah (Pencerahan Yahudi) kawinkan rasio dgn Judaisme & serukan Yahudi utk mumpuni dlm bidang2 sekuler #zionisme1
18. Muncul jg gerakan Reform yg anggap hanya Torah Tertulis yg wahyu Ilahi. Torah Oral acuan halakhah (hkm yahudi) itu tradisi.#zionisme1
19. Reform pahami Judaisme sbg etika universal dan rasional. Anggap Jerman sbg tanah air permanen, Berlin sbg Yerusalem baru. #zionisme1
20. Muncul gerakan Yahudi orthodoks, trtm di Eropa Timur, yg menghantam Haskalah & Reform sbg bid’ah karena dua alasan. #zionisme1
21. a. individualisasi abaikan Yahudi sbg bangsa; b.anggapan Judaisme sbg etika universal ingkari wataknya sbg agama hukum.#zionisme1
22. Orthodoksi terpecah dua: Ultraorthodoksi (UO) dipimpin Rabbi Hatam Sofer. Neoorthodoksi (NO) dipimpin Rabb Hirsch #zionisme1
23. UO bukan saja menolak Reform, tapi juga modernitas. Dalilnya: hadats ‘asur me ha Torah: kebaruan terlarang oleh Torah. #zionisme1
24. Bagi UO, halakhah ngatur seluruh aspek kehidupan. Nama, bahasa, pakaian dll mesti khas yahudi. Tipe Yahudi “kaffah” #zionisme1
25. Sdg NO tolak Reform, tapi adaptif thd modernitas.Tak ada ruang sekuler karena slrh bidang hidup mesti berdasar Torah.#zionisme1
26. Modernitas tidak ditolak, tapi diadopsi dan di-Torahkan. Slogan NO: Torah im derekh eretz, Torah dgn jalan dunia.#zionisme1
27. Tapi Orthodoksi kalah pamor di Eropa. Mungkin krn Yahudi jenuh dgn hidup di ghetto. Pencerahan dilihat sbg gerbang emansipasi.#zionisme1
28. Mayoritas Yahudi pilih berasimilasi dgn masy. Kristen Eropa. Semboyannya: Yahudi di rumah, warga negara/manusia di luar.#zionisme1
29.Penyair Yahudi, Heinrich Heine, bilang asimilasi sbg tiket masuk ke kultur Eropa. Dengan jadi sekuler, atau pindah ke Kristen #zionisme1
30. Yahudi pilih asimilasi krn yakin Pencerahan akhiri antisemitisme, yg sumbernya agama. Sdgkan di era Pencerahan agama minggir. #zionisme1
31. Asimilasi akhiri “Persoalan Yahudi” di Eropa? Kenapa muncul Zionsime di akhir abd 19? Knp banyk juga Yahudi yg nolak? #zionisme1
32. Pertanyaan2 di atas akan saya bahas di sesi ke-2 dlm rangkaian kultwit tg Zionisme. Sampai jumpa. #zionisme1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: