Refleksi Berdirinya NU

Pada 31 Januari 2011 Nahdlatul Ulama (NU) genap diusianya yang ke 85. Sejak didirikanya 26 Januari 1926 silam, organisasi sosial keagamaan ini syarat dengan perjalanan sejarah yang panjang, dari awal berdiri sampai perjalanan nya sekarang.
Sebelum didirikanya NU, telah ada organisasi embrio yang kemudian berfotosintesa menjadi NU ini, adalah Nahdlatut Tujar-kebangkitan ekonomi, Nahdlatul wathon-kebangkitan Negara dan Tanswirul afkar-kebangkitan berfikir. sampai kemudian benar-benar menjadi organisasi NU seperti yang sekarang ini. yang kala itu Nu telah menegaska dirinya sebagai organisasi sosial keagamaan (non parpol).
Di perjalanannya yang sudah hampir satu abad, sejarah NU mau tidak mau harus diinggat kembali oleh setiap kedernya. untuk sampai sekarang ini adalah waktu yang panjang dalam perjalanan organisasi, yang bisa saja menbuat para keder NU kemudian amnesia atas sejarah organisasinya sendiri.
Tentu hal itu akan membuat perjalanan organisasi itu ‘tak jelas dan tak tentu arah’ dalam melangkah kedepan atau penegasan dirinya di hari kemudian. wes rekan sampai disini dulu kehabisan ide untuk nulis, seng penting kan sudah ada postingan di blog meskipun sedikit.
akhirul kalam, hari ini adalah hasil dialektika sejarah masa lalu. dan Bung Karno bilang JASMERAH. wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: